MOTIVASI TRAINING UNTUK GURU MENJADIKAN ANAK CERDAS BERKARAKTER DENGAN METODE COACHING DI SMK AL HASAN

Dosen Yang Terlibat

1.       Dr. Putu Nina Madiawati

2.       Candra Wijayangka, ST., M.M

3.       Dra. Ai Lili Yuliati, M.M

Lokasi / Alamat Masyarakat Sasar

Jalan Raya Panyileukan Blok N2, Cipadung Kidul, Panyileukan, Kota Bandung, Jawa Barat 40614.

Dihadapkan dengan berbagai permasalahan yang ada di masyarakat, komunikasi yang baik sangat diperlukan khususnya di dunia pendidikan saat ini. Sesuai dengan visi dan misi SMK Al Hasan yaitu melaksanakan program pendidikan kejuruan dan mengembangkan kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan pasar nasional/ internasional dengan menyiapkan tamatan yang berkepribadian dan berakhlaq mulia, serta mempunyai ilmu pengetahuan yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

Tujuan dari pengabdian masyarakat adalah  Menambah pengalaman dan wawasan guru mengenai metode coaching, Metode Coaching bermanfaat untuk membantu guru dalam membimbing siswanya untuk mencapai tujuan dalam kehidupannya, Dengan metode coaching, guru dapat membantu siswa meningkatkan rasa percaya dirinya, Metode coaching dapat merubah perilaku yang menghalangi kemajuan siswa, Metode coaching dapat melahirkan perilaku serta tindakan baru yang lebih baik dari diri siswa

Metode coaching adalah salah satu tool yang efektif yang mampu membuat siswa dapat mengembangkan potensinya secara lebih maksimal dengan pendekatan GROW adalah akronim dari Goal, current Reality, Option, dan Will. Dalam melakukan sesi coaching melalui pendekatan GROW, agar lebih terarah dengan langkah-langkah sebagai berikut: a). Tetapkan Tujuan (Goal), b). Perhatikan kondisi saat ini (current reality), c). Melihat pilihan yang tersedia (option), d). Bangkitkan motivasi (will)

Hasil yang diharapkan dari pelatihan ini adalah guru mampu memahami dan mengaplikasikan di lingkungan masyarakat sekolah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *