Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Partisipasi Anggaran Terhadap Kualitas Pelayanan Melalui Variabel Intervening Manajemen Strategik Di Pemerintah Daerah Perbatasan (Studi Kuasi Pada Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat)


Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Partisipasi Anggaran Terhadap Kualitas Pelayanan Melalui Variabel Intervening Manajemen Strategik Di Pemerintah Daerah Perbatasan (Studi Kuasi Pada Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat)

 

Author		: ARRY WIDODO; RETNO SETYORINI
Published on	: SNEB 2014 (Universitas Jenderal Achmad Yani - Bandung)

 

Abstract

Keberadaan sumberdaya manusia dalam suatu organisasi memegang peranan yang sangat penting, termasuk di sektor publik. Pemerintah harus membuat perubahan kearah yang lebih baik mengingat masyarakat sudah menilai buruk terhadap kinerja pemerintah khususnya yang berkaitan dengan pelayanan umum. Tujuan penelitian adalah untuk membuktikan pengaruh kepemimpinan transformasional, partisipasi annggaran terhadap kualitas layanan melalui intervening manajemen strategik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menggunakan survey eksplanatori, yang menjelaskan hubungan kausal dan korelasi antar variabel melalui pengujian hipotesis. Hasil dari analisis yang telah dilakukan menunjukkkan bahwa kepemimpinan transformasional terdapat hubungan pada kualitas pelayanan, serta terdapat pengaruh melalui manajemen strategik. Dimana secara operasional kepemimpinan transformasional, partisipasi anggaran serta manajemen strategik perlu melakukan upaya ekstra dimana beberapa di antaranya adalah dengan kualitas pelayanan pada setiap dinas terkait pada daerah-daerah sebagai magnet kualitas pelayanan. Perilaku yang ditunjukkan oleh pemimpin tidak hanya di pengaruhi oleh faktor tunggal, tetapi juga oleh sejumlah faktor yang komplek dan dinamis dari dinas yang terkait pada suatu daerah. Kepemimpinan transformasional terbukti berpengaruh positif terhadap kualitas pelayanan dimana informasi dan konsultasi pada dinas-dinas yang terkait memberikan masukan dan manfaat bagi manajemen strategic, baik yang berfokus pada individu maupun organisasi atau dinas-dinas yang terkait pada suatu daerah. Semakin transformasional, maka semakin meningkat pula perwujudan kualitas pelayanan yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *