PENGABDIAN TANPA HENTI TEL -U UNTUK MASYARAKAT DI MASA PENDEMI: Pelatihan Pembuatan Pot Portable untuk Komunitas Buah dan Sayur

Telkom University meskipun dalama masa pendemi tahun ke-2 masih tetap berkarya untuk mengabdi. Salah satu team dari Fakultas Industri Kraetif Universitas Telkom yang diketuai oleh Dr Runik M, dengan coach bapak Teddy mengadakan pelatihan pembuatan pot portable dari pemnafaatan sampah botol plastik. Pelatihan ini dilakukan pada tanggal 24 Ap

ril 2021 hari Sabtu di Gedung serbaguna RT 4 RW 8 Komplek Panghegar, kawasan komunitas kampung buah dan sayur. Di tahun sebelumnya telah dilakukan pelatihan pemanfaatan botol plastic dan botol plastic untuk ecobrik kursi. Oleh kareena itu, pelatihan pembuatan pot portable sebagai kelanjutan dari pelatihan tahun sebelumnya yang memang memanfaatkan sampah dan menguatkan tanaman buah sayur di masa pendemi.

 

 

Proses pelatihan ini hanya diwakili oleh penggurus komunitas buah dan sayur dikarenakan masih masa pendemi dengan tetap mempertahankan protocol kesehatan.

Komunitas buah sayur telah menyiapkan bahan-bahan botol plastic bekas, peralatan cutter dan soldier. Kami dari Telkom University menyiapakn desain, bahan pralon, lem dan kawat.

Pelatihan ini diawali dengan penjelasan kebutuhan dan fungsi alat. Kemudian setiap peserta berpartisipasi langsung dalam pembuatan pot portable. Keberfungsian pot ini adalah pot ini dapat mudah dipindah-pindahkan, kemudian proses menyiram cukup 3 hari sekali yang harusnyanya 1 hari 3 kali. Namun, kelemahan pot portable ini adalah tidak dapat menanam pohon besar. Pot portable ini apabila ingin menghasilkan banyak dapat digunakan untuk media tanaman sayuran yang tidak terlalu besar.  Hal ini menjadi alternatif media bercocok tanam di komunitas buah dan sayur di masa pendemi dan semakin sempitnya lahan untuk bercocok tanam serta kesulitan air di musim kemarau saat ini. Semoga pelatihan ini menjadi salah satu wahana untuk membuat komunitas buah dan sayur semakin inovatif, mandiri di saat banyak tantangan.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *