Home » Pelatihan Branding dalam Konteks Kewirausahaan online pada Panti Asuhan Al-Amanah

Pelatihan Branding dalam Konteks Kewirausahaan online pada Panti Asuhan Al-Amanah

Itca Istia Wahyuni, Dhini Salmiyah Fitrah Ali, Berlian Primadani

[email protected], [email protected], [email protected]

Orang tua memiliki berbagai kewajiban. Selain mendidik, kewajiban lainnya adalah mencari nafkah untuk anak-anaknya.  Namun hal ini berbeda dengan yang dirasakan anak-anak panti Asuhan Al-amanah. Dikarenakan orang tua yang sudah tiada, kewajiban mendidik dan menafkahi mau tidak mau dialihkan ke lembaga sosial, salah satunya seperti panti asuhan Al- Amanah. Panti asuhan ini terletak di Margahayu Bandung.

Dengan bergantinya peran pengasuhan pada Panti Asuhan Al-Amanah, maka pengurus Yayasan memiliki kewajiban untuk berperan aktif dalam mendidik anak asuh. Peran aktif ini diwujudkan dengan membuat kegiatan-kegiatan pelatihan yang dapat mengasah kemandirian. Salah satunya dengan mengadakan kerjasama pelatihan Kewirausahaan Online dengan Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Telkom University.

Pelatihan Kewirausahaan online ini diantaranya membahas tentang Kisah inovasi Wirausahawan, Komunikasi Visual dan social Media Branding. Kisah inovasi Wirausahawan adalah kisah wirausahawan sukses yang dimulai dari ide sederhana. Dalam pembahasan komunikasi visual, disampaikan tentang struktur komunikasi visual yang menarik dan dapat mendorong branding produk. Hal ini dimaksudkan untuk dapat membuat branding produk yang sederhana yang dapat diaplikasikan di panti asuhan Al-amanah. Materi yang ketiga adalah tentang Social Media Branding. Pada materi pelatihan ini diberikan pemahaman tentang bagaimana media sosial dapat menjadi media gratis untuk membentuk branding produk/jasa yang ditawarkan. Selain itu juga disampaikan tentang pemahaman penggunaan media sosial yang efktif serta tips and trik aplikasi yang dapat digunakan oleh anak-anak Panti Asuhan Al amanah dalam memanfaatkan media sosial untuk kewirausahaan online.

 

Kata Kunci: Kewirauasahaan Online, Panti Asuhan, Pelatihan