Augmented Reality Untuk Pengembangan Game Interaktif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus


Augmented Reality Untuk Pengembangan Game Interaktif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus

 

Author		: REGIANA PRIANGGARA PRASETYA; GIVA ANDRIANA MUTIARA
Published on	: SNATI 2014(UII- Jogjakarta Indonesia)

 

Abstract

Augmented reality, merupakan suatu teknik dimana input dari dunia nyata misalkan seperti sensor suara, gambar, atau data GPS dapat ditangkap oleh sensor input komputer baik secara langung maupun tidak langsung dan kemudian ditampilkan pada tampilan output melalui suatu program secara dua dimensi atau tiga dimensi. Augmented Reality, pada umumnya menggunakan suatu marker (penanda) tertentu sebagai titik yang akan digunakan program untuk menampilkan sesuatu pada monitor. Marker yang digunakan pada penelitian ini berupa gambar dan objek dengan penggunaan warna yang kontras dengan background input. Video Game, Game interaktif, atau Game merupakan aplikasi multimedia yang melibatkan interaksi manusia dengan suatu user interface untuk menciptakan suatu kejadian dalam alur cerita yang memiliki tujuan dan akhir penyelesaian. Di Indonesia, banyak terdapat anak-anak berkebutuhan khusus yang perlu diperhatikan perkembangannya melalui terapi dan berbagai macam aktifitas lainnya. Salah satu terapi yang bisa diimplementasikan adalah dengan membuat suatu permainan interaktif yang melibatkan komputer yang bertujuan untuk dapat mengasah otak anak untuk berpikir dan berinteraksi dengan bergerak dan bereaksi mengikuti instruksi instruksi yang diberikan. Penelitian ini diimplementasikan menggunakan adobe flash dengan action script 3.0, dengan pembuatan skenario game yang mengarah pada terapi applied behaviour analysis, terapi okupasi, terapi permainan, dan terapi audio visual. Hasil yang diperoleh adalah suatu game yang dapat menarik perhatian anak kebutuhan khusus untuk melakukan terapi sambil bermain yang dapat dimainkan dengan tingkat kesulitan yang bertahap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *