ANALISIS DAN DESIGN BIG DATA SOCIAL MEDIA UNTUK BISNIS PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA, TBK

ANALISIS DAN DESIGN BIG DATA SOCIAL MEDIA UNTUK BISNIS PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA, TBK

 

Author		: ASNIAR; Kridanto Surendro
Published on	: Konferensi Nasional Sistem Informasi 2014 (STMIK Dipanegara - Makassar - Indonesia)

 

Abstract

Media sosial merupakan inovasi teknologi informasi yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pertukaran dan kreasi content. Media sosial sangat diminati oleh pengguna internet di Indonesia. Media sosial sering digunakan sebagai media ekspresi customer akan produk dan layanan yang digunakannya. Ini merupakan potensi bisnis bagi PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk untuk memahami kebutuhan dan perilaku customer terhadap produk dan layanan telekomunikasi. Untuk itu, dibutuhkan strategi yang tepat untuk mengadopsi teknologi ini mengingat banyaknya data media sosial yang ada dan terus bertambah dengan keterbatasan pengetahuan dan keahlian teknik untuk memanfaatkan big data tersebut. Penelitian ini menjelaskan tentang pentingnya big data social media, strategi yang tepat untuk adopsi teknologi big data social media, serta analisis dan design big data social media untuk bisnis PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Jenis data media sosial yang dimaksud adalah data perilaku, interaksional, deskriptif dan sikap (pendapat, prefensi, dan keinginan). Dengan metode mining big data social media tersebut, dapat diperoleh wawasan lebih luas tentang customer, baik itu tentang kebutuhan, perilaku, maupun sentimen mereka terhadap produk dan layanan telekomunikasi. Pada akhirnya, pemanfaatan teknologi big data social media berpotensi untuk meningkatkan kepuasan customer, menurunkan churn customer, me-return customer serta dapat menciptakan produk atau layanan baru yang bernilai bisnis bagi PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *