“DESAIN INDIKATOR DAN IMPLEMENTASI PENILAIAN KINERJA DOSEN PADA SISTEM INFORMASI”
“DESAIN INDIKATOR DAN IMPLEMENTASI PENILAIAN KINERJA DOSEN PADA SISTEM INFORMASI”
Author : ANAK AGUNG GDE AGUNG; IRNA YUNIAR Published on : SESINDO 2014 (ITS – Surabaya)
Abstract
“Politeknik merupakan salah satu bentuk perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam sejumlah bidang pengetahuan. Salah satu stakeholder di Politeknik adalah dosen. Kewajiban utama dosen adalah melaksanakan tridharma perguruan tinggi, yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian serta pengabdian pada masyarakat. Salah satu indikator yang dapat digunakan untuk mengukur terlaksananya kegiatan pengajaran adalah dengan menilai kinerja dosen yang melaksanakan kegiatan tersebut.
Kinerja pengajaran dosen saat ini diukur melalui perhitungan rata-rata IPK kelas mata kuliah dan kuesioner kepuasan mahasiswa. Hasil pengukuran diumumkan secara pribadi ke dosen pengajar pada akhir semester. Komponen penilaian ini dirasakan kurang efektif, karena hasil kuesioner kepuasan mahasiswa cenderung berbanding lurus dengan rata-rata IPK kelas mata kuliah. Hal ini menyebabkan dosen berusaha meningkatkan IPK rata-rata kelas mata kuliah untuk memperoleh nilai kepuasan tinggi, dan cenderung mengabaikan kualitas pengajaran itu sendiri.
Penilaian kinerja pengajaran dosen yang diusulkan mengukur enam indikator dalam kinerja pengajaran dan tiga indikator dalam kinerja evaluasi pengajaran. Hasil akhir berupa nilai yang dihitung dari rata-rata pencapaian semua indikator yang ada. Data penilaian diolah dari rekam jejak pengajaran dosen yang telah tersimpan di sistem informasi. Penilaian kinerja yang diusulkan menjadi masukan pengembangan modul sistem informasi yang ada di Politeknik sehingga dapat diakses oleh masing-masing dosen dan manajemen.
Sistem penilaian kinerja yang diusulkan dapat menilai kinerja pengajaran dosen berdasarkan pengukuran objektif. Dosen pengajar juga dapat memantau kinerjanya melalui sistem informasi yang ada secara langsung. Sistem ini juga dapat digunakan oleh institusi dalam melakukan evaluasi terhadap materi yang diajarkan.”