STRATEGI SOSIALISASI DAN PENDEKATAN KOMUNIKASI DISKOMINFO DALAM PENGELOLAAN PROGRAM LAPOR DI KOTA BANDUNG


STRATEGI SOSIALISASI DAN PENDEKATAN KOMUNIKASI DISKOMINFO DALAM PENGELOLAAN PROGRAM LAPOR DI KOTA BANDUNG

 

Author		: NUR ATNAN; AYUB ILFANDY IMRAN 
Published on	: Conference on Communication and New Media Studies (COMNEWS)

 

Abstract

Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Komunikasi dan Informasi menjalankan program LAPOR atau yang biasa disebut dengan Laporan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat. LAPOR adalah aplikasi media sosial yang melibatkan partisipasi publik dan bersifat dua arah, sehingga dalam aplikasi ini masyarakat dapat berinteraksi dengan pemerintah daerah secara interaktif dengan prinsip mudah dan terpadu untuk pengawasan pembangunan. Tulisan ini menganalisis dua hal, yaitu strategi komunikasi dalam sosialisasi LAPOR dan pendekatan komunikasi Tim LAPOR DISKOMINFO dalam mengelola program LAPOR. Tulisan ini dikembangkan melalui penelitian yang menggunakan metode kualitatif jenis studi kasus. Informannya meliputi Tim LAPOR DISKOMINFO dan Petugas LAPOR di beberapa SKPD. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles and Huberman Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi dalam sosialisasi belum efektif dalam mendorong partisipasi luas dari masyarakat kota Bandung terhadap program LAPOR dan pendekatan komunikasi yang dilakukan oleh Tim LAPOR DISKOMINFO sudah cukup baik dalam mendorong kinerja petugas LAPOR yang ada di SKPD dalam menindaklanjuti pengaduan masyarakat namun masih banyak petugas LAPOR yang menjawab pengaduan secara normatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *