Home » IMPLEMENTASI APLIKASI PENCATATAN TUMBUH KEMBANG BALITA BERBASIS WEB DI POSYANDU MEKAR ARUM 18 KINAGARA REGENCY

IMPLEMENTASI APLIKASI PENCATATAN TUMBUH KEMBANG BALITA BERBASIS WEB DI POSYANDU MEKAR ARUM 18 KINAGARA REGENCY

  • Penyampaian Materi Aplikasi

Unang Sunarya, Rohmat Tulloh, Hasanah Putri

unangsunarya@telkomuniversity.ac.id, rohmatth@telkomuniversity.ac.id, hasanahputri@telkomuniversity.ac.id

 

Posyandu adalah kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan yang merupakan kegiatan swadaya dari masyarakat di bidang kesehatan. Tempat pelaksanaan pelayanan program terpadu di balai dusun, balai kelurahan, RW ataupun di suatu tempat khusus yang dinamakan dengan Pos pelayanan terpadu (Posyandu). Upaya peningkatan peran dan fungsi Posyandu bukan semata-mata tanggungjawab pemerintah saja, namun semua komponen yang ada di masyarakat, termasuk kader.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan di posyandu seperti penimbangan, pencatatan tumbuh kembang anak batita (bawah tiga tahun), balita (bawah lima tahun), pemberian vitamin, pemberian imunisasi dan penyuluhan keluarga berencana. Kader Posyandu dan orang tua dapat melihat informasi tumbuh kembang anak dari KMS (Kartu Menuju Sehat). Namun semua kegiatan pencatatan oleh Kader Posyandu dilakukan secara manual atau tulis tangan di buku. Hal ini sangat rentan kehilangan data. Selain itu informasi tidak bisa tersampaikan secara lengkap karena orang tua juga hanya dapat melihat tumbuh kembang anak tercinta dari KMS saja.

Pada  kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat kali ini dilakukan Implementasi Aplikasi Pencatatan Tumbuh Kembang Balita Berbasis Web di Posyandu Mekar Arum 18 Kinagara Regency. Dengan diimplementasikannya system ini dapat memudahkan orang tua untuk mendapatkan informasi tentang tumbuh kembang anak dan informasi kesehatan serta program-program posyandu. Dari sisi kader membantu untuk mempermudah  pendataan dan rekapitulasi tumbuh kembang balita di Posyandu Mekar Arum 18 Kinagara Regency.

 

 

Kata Kunci: Posyandu, Kader, Aplikasi Web