Patra Aditia, Atria N. Fadilla

patra.aditia@gmail.com, atria.fadilla@gmail.com

Identitas visual yang baik dan kuat merupakan alat di dalam membangun merek karena berfungsimembentuk kesan yang mempengaruhi persepsi konsumen. Semakin lama masyarakat mengenal baik merek tertentu, semakin  besar pula kemungkinan mereka bersikap positif terhadap merek itu. Bahkan, dengan mengubah identitas visual sebuah produk, dapat juga mengubah atau memperbaiki citra merek di masyarakat serta menjadikan Identitas.  Inilah yang dimaksud dengan konsepsi loyalitas merek, demikian juga sebaliknya apabila konsumen mendapatkan stimulus negatif dari sebuah identitas visual dari sebuah merek maka kemungkinan terbesar adalah konsumen membatalkan keinginan untuk mencoba atau melakukan pembelian berulang. Untuk merepresentasikan sebuah identitas maka dibutuhkan sebuah logo dan sistem visual, sehingga merupakan aset penting dalam sebuah perusahaan, lembaga, maupun produk sebagai identitas. Kebutuhan tersebut sangat diperlukan oleh berbagai lapisan usaha tidak terkecuali UMKM.

Program pengabdian masyarakat ini ditekankan pada peningkatan kompetensi pelaku UMKM dalam memaksimalkan potensi jual produk usaha dengan penguatan identitas visual di. Pelaksanaan abdimas ini melibatkan tenaga pengajar (dosen) dan mahasiswa dari Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Industri Kreatif Universitas Telkom. Program ini menggandeng sebanyak 5 UMKM untuk dibuat desain identitas serta media aplikasinya.. Dalam pelaksanaannya, perancangan memulai dari analisis produk untuk kemudian dibuat output visual, dari mulai ilustrasi sampai warna. Hasil perancangan ini kemudian dipamerkan di acara COPPAS dan MANDALA pada tanggal 3-4 Desember 2018.

Kata Kunci: UMKM, Bandung Barat, Identitas, Desain