“Pemanfaatan Media Massa Dalam Komunikasi Politik Pemilihan Calon Presiden (Konstruksi Realitas Pemilih Pemula dalam Pimilihan Presiden 2014)”


“Pemanfaatan Media Massa Dalam Komunikasi Politik Pemilihan Calon Presiden (Konstruksi Realitas Pemilih Pemula dalam Pimilihan Presiden 2014)”

 

Author		: RATIH HASANAH; AGUS APRIANTI, S.I.KOM., M.I.KOM; 
Published on	: Konferensi Nasional & Kompetisi Riset Komunikasi "Membaca Gaya Kepemimpinan Kita" (PUSKOMBIS - SURABAYA)

 

Abstract

“Penelitian yang dilakukan oleh penulis secara umum dimaksudkan untuk mengetahui konstruksi realitas pemilih pemula dalam memilih presiden. Memberikan gambaran secara jelas bagaimana pemanfaatan media memberi pengaruh bagi pemilih pemula dalam menentukan pilihannya serta pengambilan keputusan dalam memilih. Dengan pertanyaan penelitian, yaitu: 1). Bagaimana pemilih muda dalam mengkonstruksi media massa sebagai sarana kampanye dalam pemilihan presiden. 2). Bagaimana konstruksi realitas pemilih muda dalam memilih calon presiden.
Kajian penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan paradigma interpretif dengan teknik Forum Group Discussion (FGD). Subjek penelitian yaitu remaja usia 17-19 tahun dan untuk pertama kalinya ikut dalam memilih calon presiden pada bulan Juli 2014 yang disebut sebagai pemilih pemula. Subjek penelitian terbagi ke dalam kelompok-kelompok diskusi yang membahas mengenai media massa yang menampilkan sosok calon presiden pada pemilihan presiden Juli mendatang. Bagaimana media massa dalam memberikan informasi dan pemberitaan yang ada kemudian membentuk konstruksi realitas sosial di kalangan pemilih pemula tersebut.

Keywords: Konstruksi Realitas, Pemilih Pemula, Komunikasi Politik, Capres, Media Massa, FGD”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *