“Gaya Kepemimpinan Megawati: Membaca Bahasa Verbal Dan Nonverbal (Banteng Moncong Putih)”


“Gaya Kepemimpinan Megawati: Membaca Bahasa Verbal Dan Nonverbal (Banteng Moncong Putih)”

 

Author		: HADI PURNAMA
Published on	: Konferensi Nasional & Kompetisi Riset Komunikasi "Membaca Gaya Kepemimpinan Kita" (PUSKOMBIS - SURABAYA)

 

Abstract

“Megawati Soekarnoputri merupakan sosok pemimpin ikonik di Indonesia. Sosoknya menjadi menarik untuk ditelaah bukan saja karena menjadi ???panglima??? bagi salah satu partai politik terbesar di negeri berpenduduk hampir seperempat milyar, yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Megawati juga merupakan sosok perempuan pemimpin yang berhasil ???survive??? dari sebuah rezim Orde Baru yang otoriter yang telah berkuasa lebih dari 30 tahun. Bahkan, PDIP menjadi salah satu partai politik ideologis yang turut menumbangkan Orde Baru dari panggung politik di tahun 1998, bahkan dianggap sebagai salah satu kekuatan politik paling berpengaruh dalam peta perpolitikan pasca Orde Baru. Salah satu indikatornya PDIP selalu menempati posisi tiga besar partai politik yang memenangi Pemilu sejak diterapkannya pemilu bebas pada tahun 1999.
Sepak terjang PDIP jelas tidak bisa dilepaskan dari kiprah pemimpinnya. Megawati menjadi sosok sentral dan paling berpengaruh di partai Banteng Moncong Putih, sekaligus sosok pemimpin nasional yang paling unik dan sekaligus ???misterius.??? Keunikannya bukan hanya dari aspek gender, yang berusaha tegar di tengah kancah perpolitikan Indonesia yang patriarkis. Namun, lebih dari itu karena gaya komunikasinya yang unik. Megawati tidak diragukan lagi diakui sebagai seorang perempuan pemimpin yag tangguh, tetapi di sisi lain kerap dikritisi banyak pihak karena memiliki gaya berkomunikasi yang kurang lazim untuk seorang politisi. Bahasa verbal dan nonverbalnya patut dijadikan sebuah kajian yang menarik. Selain sering menunjukkan sikap diamnya saat menghadapi suatu persoalan pelik, kerap menimbulkan tafsir dari banyak pihak.
Membaca gaya kepemimpinan Megawati Soekarnoputri identik dengan membuka halaman demi halaman gaya komunikasi verbal dan noverbalnya. Makalah saya akan mencoba menganalisis struktur komunikasi verbal dan nonverbal Megawati, khususnya seperti ditampilkan di media massa.

Keywords: gaya kepemimpinan, gaya komunikasi, komunikasi verbal, komunikasi nonverbal.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *