DASHBOARD OPERASIONAL UNTUK MEMANTAU PERFORMA JARINGAN SPEEDY MENURUT PENGUKURAN NETWORK ANALYSIS


DASHBOARD OPERASIONAL UNTUK MEMANTAU PERFORMA JARINGAN SPEEDY MENURUT PENGUKURAN NETWORK ANALYSIS

 

Author		: RACHMADITA ANDRESWARI; RULLY AGUS HENDRAWAN; RADITYO PRASETIANTO WIBOWO
Published on	: Konferensi Nasional Sistem Informasi

 

Abstract

“Sebagai salah satu penyedia jasa layanan internet, PT. Telekomunikasi Indonesia melalui salah satu divisinya, yaitu Divisi Access (DIVA) menginginkan pelayanan proaktif pada pelanggannya. Dengan pelayanan proaktif, diharapkan pihak Telkom tidak perlu menunggu laporan dari pelanggan untuk mengetahui permasalahan jaringan sehingga dapat segera melakukan perbaikan. Untuk memantau performa jaringan Speedy tersebut,Telkom telah mempunyai aplikasi EMBASSY dan iManager N2510. Aplikasi tersebut mampu menghasilkan laporan secara tekstual, dan beberapa grafik terbatas sesuai dengan operasi yang. Namun laporan yang ditampilkan cenderung sulit diinterpretasikan dengan cepat, sehingga Telkom masih membutuhkan laporan terintegrasi mengenai performa jaringan Speedy.

Data warehouse merupakan salah satu teknik untuk integrasi data. Pada penelitian ini dilakukan studi tentang desain dan pembuatan data warehouse, serta pengolahan data-data penting yang mempengaruhi performa jaringan Speedy. Dari data warehouse yang dibuat, selanjutnya akan dilakukan visualisasi menjadi dashboard operasional yang berguna untuk mengetahui performa jaringan dalam waktu yang singkat.

Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa terdapat dua objektif utama, lima sub-objektif, Key Performance Indicator (KPI) dan Critical Success Factor (CSF). Dari objektif dan sub-objektif yang ada, dihasilkan cube untuk membuat data warehouse yang terdiri dari 2 tabel dimensi dan 5 tabel fakta yang pada tahap selanjutnya menjadi input pada lima tampilan dashboard untuk memantau performa jaringan speedy.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *