PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM PEMBANGUNAN EKONOMI DI ERA GLOBAL


PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM PEMBANGUNAN EKONOMI DI ERA GLOBAL

 

Author		: RUNIK MACHFIROH
Published on	: ap3kni

 

Abstract

“Pembangunan ekonomi nasional hingga saat ini belum menunjukkan peningkatan yang signifikan yang berimplikasi pada meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah menganalisa sejauhmana peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam pembangunan ekonomi di era global.
Pendekatan penelitian yang digunakan kualitatif dengan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan pengurus dan anggota komunitas bisnis X, dokumentasi dan observasi. Teknik analisa dengan menggunakan model intergratif yaitu melalui alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi data dimana ketiga langkah ini merupakan upaya berlanjut, berulang dan terus menerus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa PKn berperan dalam mengerakkan penguatan komunitas masyarakat pembangunan ekonomi nasional di era global yang menempatkan rakyat sebagai kekuatan utama. Kesimpulan penelitian ini adalah peran PKn dalam pembangunan ekonomi global lebih khusus pada sarana pengembangan nilai-nilai enterprenuerhip pada komunitas bisnis.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *