MULTIKULTURAL DALAM KOMIK SANGKURIANG KARYA RA KOSASIH


MULTIKULTURAL DALAM KOMIK SANGKURIANG KARYA RA KOSASIH

 

Author		: SYARIP HIDAYAT
Published on	: Seminar Nasional Strategi Indonesia Kreatif 2015

 

Abstract

“Budaya di Indonesia cukup beragam, setiap daerah memiliki keunikan budayanya masing-masing, salah satu budaya yang unik adalah budaya tutur, atau biasa disebut cerita rakyat. Cerita rakyat berkembang di masyarakat Indonesia, memunculkan legenda, seperti juga dongeng, yang merupakan bagian dari tradisi tutur secara lisan, didongengkan secara turun temurun dan merupakan hiburan bagi masyarakat tersebut. Tradisi tutur berupa cerita klasik dan legenda, kemudian dijadikan sebagai tema buku cerita, termasuk juga dalam buku cerita bergambar atau yang dikenal dengan komik.
Komik Sangkuriang karya komikus RA kosasih menjadi objek penelitian, melalui pendekatan dengan sudut pandang studi multikultural, dalam memaparkan aspek budaya apa saja yang mempengaruhi komikus RA Kosasih dan juga budaya-budaya tersebut dibaurkan melalui tampilan gambar dalam komik Sangkuriang tersebut.
Penelitian ini memberikan manfaat dalam menambah pemahaman budaya tentang legenda sangkuriang pada masyarakat Sunda, dan studi multikultural pada visualisasi dalam komik. Menambah pemahaman peneliti mengenai kajian studi multikultural melalui aspek-aspek visual yang dikonstruksi RA Kosasih dan dalam mengembangkan keilmuan desain komunikasi visual pada pengaplikasian pada komik sebagai bagian dari seni rupa dan seni pada umumnya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif interpretatif, analisis yang akan digunakan dalam menganalisa dan memaparkan multikultur dalam komik Sanngkuriang karya RA Kosasih.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *