ANALISIS PERTAMBAHAN JUMLAH DAN KEPATUHAN WAJIB PAJAKBADAN TERHADAP PENERIMAAN PAJAKPENGHASILAN BADAN DIKANTOR WILAYAH DIREKTORAT JENDERAL PAJAK JAWA BARAT I


ANALISIS PERTAMBAHAN JUMLAH DAN KEPATUHAN WAJIB PAJAKBADAN TERHADAP PENERIMAAN PAJAKPENGHASILAN BADAN DIKANTOR WILAYAH DIREKTORAT JENDERAL PAJAK JAWA BARAT I

 

Author		: ARRY WIDODO; FIBRISKA FLORENTINA MANURUNG
Published on	: Business Journal

 

Abstract

“Pajak penghasilan merupakan salah satu penerimaan Negara yang penting, pengenaan pajak bersifat memaksa kepada unit-unit ekonomiterhadap penghasilan dalam satu tahun pajak yang diatur oleh undang-undang. Penerimaan pajak setiap tahunnya tergantung kepada kepatuhan wajib pajak badan yang membayar dan melaporkan SPT serta pertambahan wajib pajak badan. Dimana tujuan dalam penelitian ini digunakan untuk mengetahui pertambahan jumlah dan kepatuhan wajib pajak badan di kantor wilayah direktorat pajak jawa barat I.
Dalam penelitian ini, menggunakan metode penelitian ekonometrika dimana dalam penerapannya menggunakan suatu ilmu yang menerapkan teori ekonomi, matematika ekonomi, dan statistik ekonomi untuk memberikan dukungan empiris dari model yang dibangun oleh model teori ekonomi untuk memberikan hasil dalam angka. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dimana data pertambahan jumlah wajib pajak badan, kepatuhan wajib pajak badan dan penerimaan pajak penghasilan badan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertambahan jumlah dan kepatuhan wajib pajakbadan secara simultan berpengaruh terhadap penerimaan pajak penghasilan badan di kantor wilayah direktorat jenderal pajak.
Upaya yang harus dilakukan oleh kantor wilayah direktorat jenderal pajak jawa barat I untuk meningkatkan pertambahan jumlah dan kepatuhan wajib pajak badan, seperti adanya kegiatan sosialisasi yang diberikan kantor wilayah direktorat jenderal pajak kepada wajib pajak badan atauperusahaan mengenai cara menghitung dan penyampaian SPT serta penggunaan SPT elektronik atau e-SPT.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *