STRATEGI PEMASARAN BISNIS ONLINE GUNA MEMPERTAHANKAN REPUTASI PERUSAHAAN DALAM MENGHADAPI ASEAN ECONOMIC COMMUNITY 2015


STRATEGI PEMASARAN BISNIS ONLINE GUNA MEMPERTAHANKAN REPUTASI PERUSAHAAN DALAM MENGHADAPI ASEAN ECONOMIC COMMUNITY 2015

 

Author		: MARTHA TRI LESTARI
Published on	: Konferensi Nasional Komunikasi Pariwisata dan Kewirausahaan

 

Abstract

“Indonesia merupakan salah satu Negara di Asia yang memiliki berbagai macam kekayaan dan keragaman sumber daya yang dapat dikembangkan baik dilihat dari segi sumber daya manusia dan juga sumber daya alam nya. Dalam usaha mengembangkan sumber daya yang ada,Indonesia dapat dikatakan sebagai Negara yang cukup potensial dalam hal pengembangan produk lokal yang dapat dijadikan peluang bisnis yang cukup besar dan mampu bersaing dengan produk-produk Negara Asia lainnya.
The Asean Economic Community 2015 merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh ASEAN sebagai organisasi regional dalam hal menyatukan negara-negara yang berada dikawasan Asia Tenggara untuk membuka luas pasar arus ekspor-import barang dan jasa ataupun investasi antar negara ASEAN dimana permasalahan tarif dan non tarif tidak diberlakukan kembali (www.uc.ac.id). Melihat hal tersebut, The Asean Economic Community 2015 bisa menjadi peluang sekaligus tantangan bagi Negara Indonesia dalam hal persaingan dalam dunia wirausaha/bisnis. Bandung merupakan salah satu kota kreatif dimana didalamnya terdapat banyak sekali pelaku wirausaha dalam berbagai macam bidang, dari mulai kuliner, fashion dan lainnya dimana mereka melakukan strategi pemasaran bisnisnya dengan menggunakan media online seperti instagram, facebook, path dan twitter.
Berlandaskan model pemasaran Kotler dan Armstrong, para pelaku bisnis dapat menerapkan aplikasi kegiatan pemasarannya dengan mengikuti langkah-langkah model pemasaran sederhana tersebut. Dari mulai memahami pasar dan kebutuhan serta keinginan pelanggan, merancang strategi pemasarannya seperti apa, membangun program pemasaran terintegrasi yang memberikan nilai yang unggul (integrated marketing), membangun hubungan yang menguntungkan dengan potensial konsumen, menciptakan kepuasan bagi konsumen tersebut sampai proses menangkap nilai dari konsumen (feedback kepuasan nilai produk) untuk dapat meciptakan keuntungan dan ekuitas dari pelanggan (konsumen).
Dalam melakukan penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mengambil beberapa objek penelitian yaitu para pelaku wirausaha dalam bidang kuliner, fashion dan action figure yang berada di kota Bandung. Dari 3 informan yang merupakan owner dari perusahaan bidang kuliner fashion dan action figure yang dipilih berdasarkan beberapa kriteria, penelitian ini dapat menjawab fokus penelitian dalam hal mempertahankan reputasi dari segi branding perusahaan tersebut yang berpengaruh pada strategi pemasaran bisnis online yang dimiliki oleh perusahaan-perusahaan terkait.

Kata Kunci : Reputasi, Branding, Strategi Pemasaran Bisnis Online”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *