JEJARING SOSIAL BERBASIS KOMUNITAS DI INDONESIA PADA PERKEMBANGAN MEDIA DI INDONESIA (Studi Kasus Pada Pengguna Jejaring Sosial Komunitas Gay)


JEJARING SOSIAL BERBASIS KOMUNITAS DI INDONESIA PADA PERKEMBANGAN MEDIA DI INDONESIA (Studi Kasus Pada Pengguna Jejaring Sosial Komunitas Gay)

 

Author		: INDRA NOVIANTO ADIBAYU PAMUNGKAS, SS., M.SI
Published on	: KONFERENSI NASIONAL KOMUNIKASI (Hotel Mataram- Lombok)

 

Abstract

“Pengguna internet di Indonesia kini mencapai lebih dari 60 Juta dan hampir 95% mengakses jejaring sosial. Jejaring sosial diminati karena memiliki kemampuan untuk saling terhubung dengan cepat antara satu domain komunitas dengan domain komunitas lainnya. Komunitas sendiri terjadi karena adanya kesamaan minat atau ketertarikan. Teknologi kini merambah keberbagai elemen kehidupan, tidak terkecuali bagi komunitas-komunitas tertentu. Hal ini dimanfaatkan oleh komunitas kaum gay untuk berinteraksi sesamanya tanpa merasa berbeda bila berkomunikasi dengan minat yang sama. Adapun tujuan komunitas ini adalah untuk mencari petemanan dengan perasaan senasib sehingga di Indoensia sendiri aplikasi-aplikasi khusus itu sudah dapat dimanfaatkan oleh komunitas tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan jejaring sosial berbasis komunitas di Indonesia. Perkembangan jejaring sosial untuk komunitas ini berkembang dengan pesat ditandai dengan banyaknya aplikasi-aplikasi gratis yang dapat diunduh dengan mudah melalui aplikasi smart phone sering dengan berkembangnya penggunaan perangkat tersebut. Tulisan ini merupakan sebuah studi pustaka yang memanfaatkan berbagai sumber dan referensi termasuk pendapat para ahli sehingga mampu menyajikan abstaksi yang komprehensif mengenai perkembangan media di Indonesia khususnya jejaring sosial berbasis komunitas. Hasil dari penelitian ini adalah adanya peluang bagi jejaring sosial berbasis komunitas akan lebih berkembang dikarenakan mampu mengakomodir keinginan penggunanya dan diprediksi akan berpengaruh terhadap perkembangan media di Indonesia.”

Keywords: Media sosial Komunitas , Pekembangan media, new media

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *