ANALISIS POSITIONING TOP BRAND COFFEE SHOP CAFE BERDASARKAN PERSEPSI KONSUMEN DI KOTA BANDUNG


ANALISIS POSITIONING TOP BRAND COFFEE SHOP CAFE BERDASARKAN PERSEPSI KONSUMEN DI KOTA BANDUNG

 

Author		: ADITYA WARDHANA; BUDI RUSTANDI KARTAWINATA; SYAHPUTRA
Published on	: Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Universitas Islam Bandung, Bandung Indonesia)

 

Abstract

“Abstrak. Pertumbuhan coffee shop yang pesat pada kota-kota besar di Indonesia sejalan dengan meningkatnya mobilitas dan gaya hidup konsumen di Indonesia. Pertumbuhan coffee shop yang pesat juga terjadi di kota Bandung sebagai salah satu kota industri. Tujuan dari penelitian itu untuk menyusun peta posisi (positioning map) dari top brand coffee shop di kota Bandung berdasarkan persepsi pelanggan. Top brand coffee shop di kota Bandung adalah Starbucks, Excelso, Ngopi Doeloe, dan Coffee Toffee. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analitis deskriptif menggunakan multidimensi scaling dalam positioning map antar coffee shop yang meliputi tujuh atribut menurut persepsi pelanggan dengan jumlah responden sebanyak 400 orang. Hasil penelitian bahwa pelanggan coffee shop Ngopi Doeloe adalah pesaing utama Coffee Toffee, Starbucks adalah pesaing utama dari Excelso, dan Excelso adalah pesaing utama dari Ngopi Doeloe, dan Excelso adalah pesaing utama dari Starbucks. Berdasarkan ketujuh atribut tersebut, pelanggan coffee shop menyatakan bahwa Starbucks adalah coffee shop terbaik berdasarkan atribut kualitas pelayanan, dan yang terburuk adalah Coffee Toffee. Excelso adalah coffee shop terbaik berdasarkan atribut kualitas kopi, dan yang terburuk adalah Starbucks. Ngopi Doeloe adalah coffee shop terbaik berdasarkan atribut variasi makanan dan minuman dan yang terburuk adalah Coffee Toffee. Starbucks adalah coffee shop yang paling nyaman atmosfirnya, dan yang terburuk adalah Ngopi Doeloe. Starbucks adalah coffee shop terbaik berdasarkan atribut keunggulan ekstra, dan yang terburuk adalah Coffee Toffee. Starbucks adalah coffee shop yang terbaik untuk mendukung gaya hidup, dan yang terburuk adalah Coffee Toffee. Ngopi Doeloe termasuk coffee shop yang paling murah untuk berbagai produk yang berdasarkan atribut harga, dan yang paling mahal adalah Starbucks.”

Keywords: positioning, multidimensional scaling, coffee shop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *