Pengaruh Ukuran KAP dan Audit Tenure terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI Tahun 2009-2012)


Pengaruh Ukuran KAP dan Audit Tenure terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI Tahun 2009-2012)

 

Author		: DINI WAHJOE
Published on	: SNEB 2014 (Hotel Aston Primera Pasteur Bandung)

 

Abstract

“Akuntan publik dalam tugasnya mengaudit perusahaan klien mempunyai tugas dan tanggung jawab dari manajemen untuk mengaudit laporan keuangan perusahaan yang dikelolanya. Kepercayaan yang besar dari pemakai laporan keuangan auditan dan jasa lainnya yang diberikan oleh akuntan publik inilah yang akhirnya mengharuskan akuntan publik memperhatikan kualitas audit yang dihasilkannya. Adapun pertanyaan dari masyarakat tentang kualitas audit yang dihasilkan oleh akuntan publik semakin besar setelah terjadi banyak skandal yang melibatkan akuntan publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh ukuran Kantor Akuntan Publik dan Audit Tenure terhadap Kualitas Audit baik secara simultan maupun parsial pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2009-2012.
Penelitian ini tergolong ke dalam jenis penelitian deskriptif verifikatif bersifat kausalitasdan menggunakan analisis regresi logistik. Sample penelitian adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode tahun 2009 ??? 2012 yang memenuhi kriteria.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel ukuran Kantor Akuntan Publik dan Audit Tenure berpengaruh secara signifikan terhadap Kualitas Audit. Beradasarkan pengujian secara parsial menunjukkan hasil bahwa ukuran Kantor Akuntan Publik berpengaruh signifikan positif terhadap Kualitas Audit dan Audit Tenure tidak berpengaruh terhadap kualitas audit.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *