PENGARUH INDEPENDENSI, PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI, DAN PEMAHAMAN GOOD GOVERNANCE TERHADAP KINERJA AUDITOR (Studi Kasus Pada Auditor di BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Barat)


PENGARUH INDEPENDENSI, PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI, DAN PEMAHAMAN GOOD GOVERNANCE TERHADAP KINERJA AUDITOR (Studi Kasus Pada Auditor di BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Barat)

 

Author		: MUKNISA ELDA DRIPANI; DUDI PRATOMO
Published on	: Seminar Nasional Ekonomi dan Bisnis (Universitas Jenderal Ahmad Yani - Bandung)

 

Abstract

“Dalam melaksanakan pemeriksaan, auditor BPK harus menjunjung tinggi independensi sehingga pendapat, simpulan dan rekomendasi dari hasil pemeriksaan yang dilaksanakan dapat mencerminkan keadaan yang sebenarnya dan sesuai fakta. Selain itu penerapan teknologi informasi juga sangat diperlukan dalam pelaksanaan tugas pemeriksaan dan juga pemahaman auditor terhadap good governance atau tata kelola yang baik sehingga pemeriksaan dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan pemeriksaan yang berkualitas dan peningkatan kinerja auditor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh independensi auditor, penerapan teknologi informasi dan pemahaman good governance terhadap kinerja auditor. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan convenience sampling dengan 50 responden. Populasi penelitian ini adalah auditor di BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Barat. Data yang diolah adalah data primer melalui penyebaran kuesioner. Data kemudian dianalisis menggunakan garis kontinum untuk mendeskripsikan data, setelah itu dilakukan uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, koefisien determinasi dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa independensi auditor, penerapan teknologi informasi dan pemahaman good governance secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja auditor. Secara parsial, independensi auditor dan pemahaman good governance tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja auditor, karna jika dilihat dari distribusi jawaban responden sebesar 20% tidak menyetujui pernyataan yang dipaparkan, sedangkan penerapan teknologi informasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja auditor.”

Keywords: Independensi, Pemahaman Good Governance, Penerapan Teknologi Informasi, Kinerja Auditor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *