Analisa Trend ‘Costume Jewelry’ sebagai Akibat dari Dinamika Perubahan Gaya Hidup Masyarakat


Analisa Trend ‘Costume Jewelry’ sebagai Akibat dari Dinamika Perubahan Gaya Hidup Masyarakat

 

Author		: ARINI ARUMSARI
Published on	: 6th DIGITAL INFORMATION & SYSTEM CONFERENCE (DISC) (Universitas Kristen Maranatha - Bandung Indonesia)

 

Abstract

“Busana dan aksesoris busana merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan manusia. Selain fungsi utama pakaian sebagai pelindung dan penutup tubuh, juga karena lewat busana dan aksesoris busana, orang dapat mengekspresikan jati diri, identitas, pendapat dan selera. Busana juga merupakan hal yang paling mudah terlihat atau dinilai oleh orang lain maka setiap orang selalu berusaha tampil sebaik mungkin walaupun dengan cara dan selera masing-masing. Mulai dari mengolah model pakaian, gaya, warna, bahan, motif juga pelengkap dan aksesoris yang digunakan supaya busana yang dikenakan semakin baik.
Saat ini aksesoris fashion yang pada awalnya berfungsi sebagai pelengkap busana, sama pentingnya dengan busana itu sendiri. Atau besar kemungkinan sudah terjadi pergeseran bahwa pelengkap busana itu sudah dianggap lebih penting dan lebih digemari daripada busana utama. Hal ini dapat terlihat dari semakin maraknya industri fashion yang hanya memproduksi aksesoris saja, tanpa memproduksi atau menjual produk busana.
Dari sekian banyak jenis aksesoris fashion yang berkembang saat ini yang menarik dan menjadi trend yaitu costume jewelry. Costume jewelry adalah salah satu jenis dari jewelry atau perhiasan yang dibuat dari berbagai material yang tidak harus merupakan logam atau batu mulia seperti halnya pada fine jewelry. Costume jewelry dibuat dan dipakai dengan tujuan untuk memenuhi keinginan manusia dalam tampil sebaik mungkin dalam ranah budaya populer.
Maka tujuan dari penelitian ini adalah membuat pemetaan klasifikasi aksesoris fashion di Indonesia sebagai salah satu analisa teoritik dari perkembangan fashion sebagai produk budaya. Ditengah masih kurangnya studi teoritis tentang perkembangan fashion di Indonesia. Sementara makin banyak dan berkembangnya bidang keilmuan yang berhubungan dengan fashion ini. Dan secara khusus menganalisa dan memprediksi bagaimana perkembangan costume jewelry sebagai bagian dari dinamika industri fashion supaya tidak hanya menjadi fenomena sesaat saja.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode gabungan antara kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif dilakukan utuk mendapatkan data tentang landasan teori fashion dan aksesoris fashion secara umum dan berbagai faktor yang mempengaruhi perkembangan fashion dan aksesoris fashion di Indonesia pada khususnya. Metode kuantitatif dilakukan untuk data tentang perkembangan aksesoris fashion terutama costume jewelry tersebut dengan penghitungan secara statistika.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *