“ANALISIS KEBUTUHAN DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI (STUDI KASUS : SISTEM INFORMASI AKADEMIK)”


“ANALISIS KEBUTUHAN DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI (STUDI KASUS : SISTEM INFORMASI AKADEMIK)”

 

Author		: GEDE AGUNG ARY WISUDAWAN
Published on	: Konferensi Nasional Sistem Informasi (STMIK Dipanegara - Makassar)

 

Abstract

Penelitian ini mencari fitur-fitur yang berpengaruh terhadap kepuasan pengguna. Proses pencarian dilakukan dengan mengkategorikan fitur-fitur usulan ke dalam kategori yang dimiliki metoda Kano. Penelitian ini juga menghasilkan rekomendasi fitur yang dikelompokkan ke dalam kategori must-be, one-dimentional dan attractive. Dalam penelitian ini didapatkan adanya hubungan antara variabel service quality dengan user satisfaction, variabel information quality dengan user satisfaction, variabel system quality dengan user satisfaction, variabel perceived usefulness dengan user satisfaction. Sedangkan korelasi yang terjadi untuk keseluruhan hubungan adalah kuat dan searah. Menurut hasil penelitian menggunakan model 2 tersebut didapatkan 2 kelompok kategori yang dapat mempengaruhi kepuasan pengguna sistem informasi. Kategori tersebut adalah must-be (fitur dasar) dan one-dimentional (fitur yang sedimensi dengan kepuasan). Fitur-fitur yang harus ada dan merupakan fitur dasar (must-be) dari sistem informasi akademik adalah fitur multi bahasa, contact person, dan penyajian jadwal akademik di halaman depan aplikasi sistem informasi akademik ITB. Fitur tersebut adalah fitur dasar yang harus ada. Beberapa fitur yang berkategori one-dimentional dengan kepuasan pengguna adalah system harus bisa diakses dengan baik menggunakan perangkat mobile, selain itu dapat diakses dari luar jaringan kampus, fitur lainnya adalah notifikasi informasi akademik yang dikirimkan ke kontak pribadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *